Pelaksanaan ANBK 2023 SMA Hang Tuah 1 Jakarta

Pada Senin (28/08) perwakilan SMA Hangtuah 1 Jakarta melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Pelaksanaanya diwakili oleh 48 orang siswa dari kelas XI, dan dilaksanakan dua hari pada hari Senin (28/08) dan Selasa (29/08). Dikutip dari laman TEMPO.CO Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah digantikan oleh Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kerap disebut Asesmen Nasional, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sedangkan berdasarkan wawancara kami dengan Pak Hamidi S.Sos M.Ikom selaku Kepala SMA Hangtuah 1 Jakarta adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah diikuti oleh peserta kelas XI dan ditentukan oleh sistem dari diknas yang menghasilkan rapor pendidikan.

Menyikapi akan dilaksanakanya Asesmen Nasional, sekolah mengadakan bimbingan belajar selama kurang lebih dua minggu dan tryout yang berkolaborasi dengan pihak Ruangguru. Bimbingan belajar dilakukan dengan mempelajari beberapa materi tentang literasi dan numerasi serta survei karakter yang dipandu oleh Pak Teguh, Pak Yogi, dan Pak Adji.

 

Pada hari pelaksanaan, sebelum memulai para siswa dikumpulkan di ruang perpustakaan sebagai ruang transit dan menerima arahan dari sekolah. Asesmen Nasional terbagi dalam 2 sesi yang dilaksanakan secara bergantian, Sesi 1 dimulai pada jam 08.00 – 10.00 sedangkan Sesi 2 dimulai pada jam 10.30 – 12.50.  Pada hari pertama siswa melaksanakan Asesmen Literasi dan Survei Karakter. Dan pada hari kedua siswa melaksanakan Asesmen Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar. Semua berjalan baik dan lancar meskipum mengalami beberapa kendala pada server. Setelah selesai melaksanakan ANBK para siswa dipersilahkan untuk pulang dan mendapatkan konsumsi makan siang.

Berdasarkan wawancara yang telah kami lakukan dengan salah satu peserta Asesmen Nasional  yaitu Olivia XI- 2, ia mengatakan bahwa “Saya senang mengikuti ANBK ini, Kegiatan ini memberikan pengalaman dan manfaat salah satunya dapat mengasah sejauh mana kemampuan saya dalam memahami materi”. Adapun pesan dan harapan dari Kepala SMA Hangtuah “Yang pertama, semoga para siswa tidak merasa terbebani. Yang kedua, semoga hasil secara keseluruhan bagus perencanaanya, pelaksanaanya sehingga kita bisa melihat sektor apa saja yang bisa diunggulkan dan sektor mana saja yang harus diperbaiki” ucap Pak Hamidi saat diwawancarai siang tadi oleh tim jurnalistik SMA Hangtuah.

 

Penulis: Andisa

Editor: Gheren

 

RAPOR PENDIDIKAN SMA HANG TUAH 1 JAKARTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *