Pesantren Ramadan di KRI dr Radjiman Wedyodiningrat

Sepuluh siswa SMA Hang Tuah 1 Jakarta mengikuti kegiatan Pesantren Kilat Ramadan 1444 H “Ekspresi Ramadan Penuh Inspirasi”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkolaborasi dengan TNI Angkatan Laut (TNI-AL) di KRI Radjiman Wedyodiningrat berlangsung dari tanggal 6-9 April 2023.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali membuka dan memberangkatkan 300 peserta yang ikut dalam kegiatan ini. KRI Radjiman Wedyodiningrat berlayar dari dermaga Mako, Kolinlamil, Tanjung Priok menuju ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa program pesantren kilat tersebut merupakan sebuah terobosan dari TNI AL dan Baznas RI dalam mengisi kegiatan positif di bulan Ramadhan, juga sebagai program yang penting untuk meningkatkan pengetahuan, keimanan dan memberikan pengalaman dalam pemberdayaan zakat melalui kegiatan bakti sosial serta menanamkan jiwa maritim sejak dini kepada anak-anak muzakki para peserta pesantren kilat.

Najwa Shihab, jurnalis yang juga co founder Narasi ikut hadir dalam salah satu sesi kegiatan pesantren kilat Ekspresi. Dalam kesempatan itu, Najwa memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar melakukan sesuatu yang bermakna, mengksplorasi hal baru dan mau terus belajar. Negeri ini perlu dikelola dan diperjuangkan oleh anak-anak muda yang masih mau belajar, berani ambil resiko dan berani memperbaiki kesalahannya.

Faisal salah satu siswa SMA Hang Tuah 1 Jakarta yang mengikuti kegiatan pesantren kilat Ekpsresi mengaku senang, karena bisa memiliki kesempatan dan terpilih sebagai peserta. Banyak pengalaman menarik dan positif yang ia dapatkan selama mengikuti kegitan serta memiliki teman baru dari sekolah lain.

10 Siswa yang mengikuti kegiatan Ekpresi Ramadan Penuh Inspirasi, diantaranya:

1. Caesar Muhammad Zulkarnaen X-4
2. Erda Unggul Kuncara Jati X-3
3. Faisal Fazly Pratama X-2
4. Muhammad Bintang Fadilla Putra X-3
5. Muhammad Fadlan Abizar X-4
6. Aviva sahira putri X-3
7. Nabielah Amalia Ariani X-6
8. Nur Assyuara Azzukhruf X-3
9. Syarla Alifia Cahyadi X-3
10. Thira az zahri X-4

SMA Hang Tuah 1 Jakarta, sebenarnya juga memiliki kegiatan pelayaran menaiki Kapal Perang. Kegiatan ini biasa disebut Joy Sailing ataupun Pelayaran Kemaritiman. Kegiatan Joy Sailing terakhir kali berlangsung pada Januari 2019 menggunakan Kapal KRI Banda Aceh 593. Kegiatan ini sempat direncanakan kembali akan berlangsung di tahun 2021, tetapi tidak bisa berjalan karena pandemi Covid 19. Semoga kegiatan Joy Sailing bisa segera berlangsung kembali.

Dokumentasi kegiatan Joy Sailing SMA Hang Tuah 1 Jakarta tahun 2019

sumber foto & informasi: Faisal Fazly Pratama, BAZNAZ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *