Penerepan Etika Dalam Ruang Virtual

Jakarta, Sabtu (13/11/2021) – Sebagai bentuk pewujudan kepedulian terhadap negeri, Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta, menggelar Kuliah Peduli Negeri (KPN) dalam bentuk web seminar. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting, dengan menggandeng SMA Hang Tuah 1 Jakarta sebagai pihak mitranya.

Dengan mengangkat tema “Literasi Digital: Penerapan Etika dalam Ruang Virtual”, kegiatan ini melibatkan 35 peserta, dengan tujuan berbagi ilmu terkait literasi digital dan juga etika berkomunikasi pada ruang virtual.

Tema tersebut diangkat karena mahasiswa sebagai tim penyelenggara menilai bahwa masih kurangnya penerapan etika yang baik pada ruang virtual, seperti media sosial, yang mana saat ini telah menjadi kebutuhan hampir seluruh siswa di usia remaja.

“Seperti yang kita ketahui, masih banyak sekali anak-anak remaja yang belum menerapkan etika dengan baik pada ruang virtual, seperti berkomentar kasar pada postingan seseorang, dan sebagainya”, Ucap ketua panitia pelaksana, Alfa Naura Jasefa.

Pada kegiatan webinar tersebut, siswa SMA Hang Tuah 1 Jakarta mendapatkan pembekalan mengenai bagaimana caranya bersikap dengan baik pada ruang virtual, juga bagaimana untuk memanfaatkan gawai pribadinya agar lebih positif dan bermanfaat bagi dirinya dan khalayak pada media sosial pribadinya.

Kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN) dengan bentuk web seminar ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusiasme dari pihak audiens yaitu siswa/i SMA Hang Tuah 1 Jakarta. Hal tersebut karena kegiatan webinar ini dikemas secara menarik, juga disisipkan dengan games berhadiah yang membuat audiens semangat hingga akhir acara.

Dengan kegiatan webinar ini, tim penyelenggara berharap kegiatan ini dapat menjadi pedoman siswa/I SMA Hang Tuah 1 Jakarta dalam bersikap di media sosial, juga sebagai langkah preventif terjadinya hal-hal buruk yang disebabkan oleh kurangnya literasi digital, serta dapat turut meningkatkan angka literasi digital di Indonesia.

Penulis: (Yasmin Nabila)

 

One thought on “Penerepan Etika Dalam Ruang Virtual”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *