Jakarta – SMAS Hang Tuah 1 Jakarta mencatatkan hasil membanggakan dalam Rapor Pendidikan 2024 yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Dalam penilaian yang bersumber dari Asesmen Nasional (AN) serta data nasional lainnya, sekolah ini menunjukkan peningkatan signifikan di sejumlah indikator utama, seperti kemampuan literasi peserta didik, kondisi keamanan sekolah, kualitas pembelajaran, dan kebinekaan sekolah.
Hasil ini adalah refleksi dari kerja keras seluruh pihak di sekolah, mulai dari guru, siswa, hingga manajemen. Pencapaian ini sangat membanggakan dan patut disyukuri. Beberapa indikator mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun lalu, yang menunjukkan bahwa upaya perbaikan terus dilakukan dan memberikan dampak positif.
Indikator dengan Peningkatan Terbesar
Rapor Pendidikan 2024 menyoroti peningkatan kemampuan literasi peserta didik di SMAS Hang Tuah 1 Jakarta. Indikator ini mencakup kemampuan siswa dalam membaca dan memahami berbagai jenis teks, baik fiksi maupun nonfiksi. Nilai literasi peserta didik tahun ini tercatat naik dibandingkan hasil 2023, menunjukkan bahwa program pembiasaan membaca yang diterapkan sekolah berjalan dengan baik.
Selain literasi, kondisi keamanan sekolah juga mencatatkan peningkatan nilai. Lingkungan sekolah dinilai aman dari tindakan perundungan, kekerasan, maupun pelecehan seksual. Hal ini menjadi salah satu poin penting yang membedakan SMAS Hang Tuah 1 Jakarta dari sekolah lain.
Indikator kebinekaan sekolah juga mencatatkan capaian tertinggi. Sekolah berhasil menciptakan lingkungan inklusif yang menjunjung tinggi toleransi dan menghargai keberagaman agama, budaya, serta latar belakang siswa. Selain itu, kualitas pembelajaran juga menunjukkan peningkatan. Penilaian ini meliputi suasana kelas yang teratur, perhatian dari guru, serta dukungan untuk pengembangan siswa.
Tantangan di Indikator Karakter dan Numerasi Peserta Didik
Meski banyak indikator menunjukkan tren positif, ada beberapa tantangan yang harus diperbaiki. Salah satunya adalah indikator karakter peserta didik, yang mencatat sedikit penurunan nilai dibandingkan tahun sebelumnya. Penilaian ini mencakup aspek moral, etika, serta sikap mandiri dan tanggung jawab siswa.
Indikator kemampuan numerasi peserta didik juga menjadi perhatian khusus. Kemampuan ini, yang melibatkan pemahaman konsep matematika seperti bilangan, geometri, dan data, perlu ditingkatkan untuk mendukung daya saing siswa di masa depan.
SMAS Hang Tuah 1 Jakarta berterima kasih kepada seluruh pihak, termasuk orang tua siswa, atas dukungan yang luar biasa. Hasil ini bukanlah akhir, tetapi justru menjadi motivasi untuk terus berbenah. SMAS Hang Tuah 1 Jakarta berharap menjadi sekolah yang mampu mencetak generasi unggul, baik dalam akademik maupun karakter.
Dengan peningkatan signifikan di berbagai indikator, SMAS Hang Tuah 1 Jakarta semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu sekolah unggulan di Jakarta Selatan, yang siap menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi.
Penulis: Nurul Fauzia
Editor: Tim Humas